Pencegahan dan Ciri ciri Osteoporosis

Posted on

Definisi osteoporosis adalah kondisi pada seseorang yang mengalami penurunan terhadap kepadatan tulang. Osteoporosis biasanya terjadi pada wanita yang menginjak usia 50 tahun ke atas. Untuk itu pencegahan dan ciri ciri osteoporosis bisa Anda ketahui sebelum usia Anda 50 tahun agar tidak terkena penyakit osteoporosis. Dan Anda bisa memberikan solusi bagi orang yang menderita osteoporosis.

Banyak dari kalangan masyarakat yang belum tahu apa itu osteoporosis, sehingga Anda akan merasa susah ketika menjelaskan kepada orang-orang yang sudah berusia lanjut. Anda bisa menjelaskan tentang osteoporosis kepada mereka yang belum tahu tentang penyakit ini dengan menggunakan gambar osteoporosis agar mereka yang belum paham tentang penyakit osteoporosis menjadi paham.

Pada umumnya osteoporosis akan diketahui setelah ditemukan adanya keretakan pada tulang. Biasanya osteoporosis ini terjadi di bagian pergelangan tangan, tulang pinggang dan tulang belakang. Jika Anda memiliki saudara ataupun orang tua yang sudah berusia lanjut maka bisa dijelaskan tentang pencegahan dan ciri ciri osteoporosis agar mereka terhindar dari penyakit ini.

Pencegahan dan Ciri ciri Osteoporosis Serta Cara Mengobatinya

Pencegahan Osteoporosis

Cara mencegah osteoporosis bisa dilakukan dengan cara tidak memakan makanan seperti lemak non yoghurt, susu, keju, sarden, ikan tuna dan ikan salmon. Untuk menghindari makanan yang tersebut, sebaiknya makanlah makanan yang memiliki kalsium dan vitamin K agar mencegah adanya kalsium pada tulang dan menyebabkan keretakan.

Demi mempertahankan kepadatan tulang, ada baiknya jika Anda memakan makanan seperti kedelai dan sejenisnya sehingga tulang akan tetap sehat dan mencegah adanya penyakit osteoporosis. Jika masih ada orang yang belum paham tentang apa yang dimaksud dengan osteoporosis, maka Anda bisa menjelaskan bahwa osteoporosis merupakan salah satu penyakit yang ada pada tulang.

Penyebab Osteoporosis

Penyebab penyakit osteoporosis yaitu kurangnya hormon estrogen pada tubuh wanita dan kurangnya hormon androgen pada pria. Selain itu osteoporosis disebabkan oleh kurangnya asupan kalsium dan asupan vitamin D sehingga tubuh yang membantu penyerapan kalsium pada tulang sehingga tulang akan mudah terserang penyakit osteoporosis.

Tanda dan gejala osteoporosis juga bisa disebabkan ketika ada seseorang yang sudah berusia 50 tahun ke atas dan memiliki kanker pada tulang karena kurangnya latihan fisik. Kurangnya latihan fisik akan membuat seseorang yang sudah berusia lanjut akan lebih mudah terkena penyakit osteoporosis atau keretakan pada tulang.

Ciri osteoporosis yaitu ditandai dengan penurunan kepadatan pada tulang di mana tulang menjadi berpori dan penderita akan sangat rapuh terhadap trauma serta fraktur. Kekurangan kalsium akan memicu terjadinya osteoporosis pada wanita yang sudah memasuki usia menopause.

Cara Mengobati Penyakit Osteoporosis

Cara mengobati osteoporosis yaitu dengan mengurangi gerakan atau aktivitas tertentu seperti berjalan dan berdiri dalam waktu yang lama dan menghindari program untuk menurunkan berat badan. Pencegahan dan ciri ciri osteoporosis lebih baik dilakukan sebelum Anda menderita penyakit tulang yang satu ini. Karena cara mengatasi osteoporosis lebih sulit dibandingkan mencegah.

Untuk mencegah terjadinya penyakit osteoporosis Anda bisa mengonsumsi obat untuk mengurangi rasa sakit dan glucosamine untuk mengubah struktur lapisan tulang rawan sendi. Selain itu Anda bisa menghindari makanan yang mengandung banyak lemak jelek agar tidak membuat penyakit osteoporosis semakin parah.

Osteoporosis memang bisa disembuhkan dengan berbagai cara, namun memerlukan waktu yang cukup lama hingga osteoporosis bisa sembuh total. Untuk itu perlu kesabaran dan ketelatenan untuk menyembuhkan osteoporosis yang terjadi pada tulang sesuai tanda dan gejala osteoporosis.

Jadi lebih baik jika Anda mengetahui bagaimana pencegahan dan ciri ciri osteoporosis dibandingkan dengan mengobati penyakit osteoporosis di usia tua. Karena terbukti bahwa mengobati penyakit osteoporosis lebih sulit dibandingkan dengan mencegah penyakit osteoporosis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *