Ciri Ciri Dan Cara Mengatasi Migrain

Posted on

Sakit kepala migrain merupakan salah satu penyakit yang membuat aktivitas seseorang terganggu. Sayangnya, hingga saat ini apa penyebab migrain belum diketahui secara pasti. Oleh karena itu mengenali ciri ciri dan cara mengatasi migrain menjadi penting diketahui agar saat terserang penyakit ini bisa mengatasinya dengan cara alami secara lebih awal atau dini.

Ciri Ciri Migrain Yang Perlu Diketahui

Sering Menguap

Biasanya sebelum terkena penyakit migrain, satu atau dua hari sebelumnya seseorang akan lebih sering menguap dari pada biasanya. Sering menguap ini merupakan tanda atau ciri agar segera melakukan pengobatan awal atau dini pada migrain.

Merasa Mual

Tanda yang timbul akibat migrain lainnya yaitu merasa mual. Jika sakit disertai mual, maka ini tanda migrain, apalagi jika disertai muntah dan diare. Jika sudah muncul tanda ini tentu ciri ciri dan cara mengatasi migrain harus lebih diwaspadai.

Penglihatan kabur

Hal lain yang menjadi penyebab sering migrain adalah munculnya sensasi visual yang kabur atau silau. Biasanya penglihatan kabur ini diawali dengan munculnya aura atau semacam efek yang menyebabkan gangguan penglihatan. Namun tidak semua kasus demikian, bisa juga langsung kabur akibat sering migrain sebelah kiri atau kanan.

Untuk aura sendiri biasanya merupakan gangguan pandangan berupa titik hitam, garis, berkunang-kunang, dan kilatan cahaya. Pada tahap ini, biasanya bisa sudah muncul sakit kepala, namun bisa juga hanya gangguan penglihatan tanpa ada rasa sakit kepala.

Lebih Sensitif terhadap cahaya

Orang yang menderita migrain biasanya juga mengalami sensitivitas yang lebih dari biasanya terhadap kebisingan atau cahaya atau bahkan bau. Karena itu ciri ciri dan cara mengatasi migrain bagi sebagian orang akan berbeda-beda tergantung tingkat sensitiftasnya.

Nyeri pada satu sisi kepala

Jelas, bagi penderita migrain pasti mengalami nyeri pada satu sisi kepala. Entah itu kanan atau kiri. Sakit migrain biasanya akan semakin parah jika ditambah aktivitas fisik. Bahkan para penderita migrain juga bisa mengalami rasa sakit seperti berdenyut, ditarik-tarik, merasa dipukuli, bahkan lemas yang akibatnya sulit beraktivitas seperti biasa.

Cara Mengatasi Penyakit Migrain

Memijat Pelipis

Cara alami pertama untuk mengatasi migrain adalah dengan memijatnya. Cara alami yang satu ini bisa gunakan sebagai cara mengatasi migrain sebelah kiri dan cara mengatasi migrain sebelah kanan tanpa terkecuali karena bisa memberikan efek rileks. Bisa juga menggunakan minyak pemijat atau minyak gosok sebagai aroma terapi.

Minum Kopi

Cara mengobati migrain yang berikutnya adalah dengan meminum kopi.  Hal ini dikarenakan kandungan kafein biasanya dapat meredam rasa sakit akibat migrain. Namun tentunya penggunaan kafein ini harus berhati-hati karena bisa saja membuat seseorang ketergantungan. Dan meminum kopi berlebihan jelas tak baik untuk kesehatan.

Berada di Ruangan Gelap

Cara menghilangkan migrain berikutnya yaitu dengan beristirahat di ruangan yang gelap. Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa sensitivitas terhadap cahaya merupakan ciri ciri dan cara mengatasi migrain adalah dengan berada di tempat teduh dan gelap.

Selain itu untuk mengatasi migrain juga bisa dilakukan dengan makan makanan yang asin, mengompres kepala pada bagian yang nyeri dengan es. Namun meski kepala didinginkan dengan es namun diusahakan menjaga tubuh agar tetap hangat.

Demikian ciri ciri dan cara mengatasi migrain yang perlu anda ketahui. Jika setelah melakukan penanganan alami ternyata tidak sembuh migrain yang diderita, ada baiknya jika segera memeriksakan diri ke petugas kesehatan terdekat. Dengan memeriksakan diri maka penyebab migrain dan cara mengatasinya bisa dilakukan lebih efektif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *