Apa Manfaat Daun Salam

Posted on

Daun salam dikenal sebagai bumbu masakan yang biasa digunakan. Namun perlu diketahui bahwa selain dijadikan bumbu penyedap, daun salam memiliki banyak sekali manfaat. Untuk mengetahui apa manfaat daun salam selain sebagai bumbu, simak ulasan berikut.

Daun salam yang bisa kita dapatkan dengan mudah ini rupanya memiliki ribuan manfaat yang berguna bagi kesehatan dan gaya hidup manusia. Perlu diketahui pula bahwa ada banyak sekali kandungan daun salam yang bermanfaat. Selain bermanfaat untuk kesehatan, khasiat daun salam untuk diet juga sangat bagus.

Manfaat Daun Salam Untuk Diet dan Kesehatan

 

Diet Daun Salam

Menjadikan daun salam sebagai obat diet tradional alami adalah pilihan yang bagus. Hal ini merupakan salah satu dari apa manfaat daun salam yang banyak macamnya untuk kehidupan. Bagi seseorang yang memiliki berat badan berlebih, bisa mencoba diet alami ini dengan mudah dan tak perlu khawatir. Efek samping daun salam untuk diet hampir tidak ada karena daun salam merupakan bahan alami. Bahan alami ini tentunya lebih aman bagi tubuh manusia dibandingkan bahan kimia.

Untuk cara membuat minuman diet dari daun salam ini yang pertama adalah dengan mencuci 20 – 30 lembar daun salam yang kemudian direbus dengan sekitar 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Setelah itu diangkat dan didiamkan sampai dingin, dan air daun salam pun siap dikonsumsi.  Agar khasiat air rebusan daun salam ini semakin efektif maka bisa diminum dua kali sehari, pagi dan sore. Dengan demikian maka berat badan pun perlahan berkurang secara alami.

Menurunkan Hipertensi atau Darah Tinggi

Apa manfaat daun salam berikutnya? Seperti yang kita tahu bahwa daun salam memiliki kandungan flavonoid yang berfungsi untuk mencegah darah tinggi, bahkan bisa menurunkan kadar kolesterol tubuh manusia.

Cara membuat ramuan daun salam untuk darah tinggi ini hampir sama dengan diet, yaitu dengan merebus daun dan meminum airnya. Namun daun yang direbus cukup 7-15 lembar yang dipadukan 3 gelas air atau sekitar 600 ml. Daun dan air ini direbus sampai jadi segelas saja dan diminum dua kali sehari sebelum makan.

Mengatasi Kencing Manis atau Diabetes

Penyakit diabetes memang sangat berbahaya. Dalam hal ini, apa manfaat daun salam untuk diabetes bukanlah mengobati secara langsung. Namun daun salam bisa menurunkan kadar gula darah. Dengan turunnya kadar gula ini, maka akan mencegah penyakit ini komplikasi atau bahkan menyembuhkan perlahan secara alami. Karena itu manfaat daun salam untuk diabetes adalah hal yang penting diketahui.

Cara menggunakan daun salam untuk diabetes ini sangat mudah, yaitu dengan mengkonsumsi air rebusan daun salam secara rutin. Cara membuatnya sama seperti untuk diet atau mencegah penyakit hipertensi.

Menurunkan Asam Urat

Penyakit asam urat biasanya akan menimbulkan rasa nyeri sehingga mengganggu kegiatan sehari-hari. Salah satu cara mengatasi secara alami dengan daun salam. Hal ini dikarenakan khasiat daun salam untuk asam urat ini dinilai cukup efektif untuk mengurangi keluhan asam urat.

Untuk mendapatkan manfaat daun ini bisa dengan merebusnya. Cara merebus daun salam untuk asam urat yaitu dengan mengambil 10 lembar daun salam dan merebusnya dengan sekitar 700 cc air. Daun dan air ini direbus hingga tersisa 1/3 nya saja. Setelah itu, bisa disaring dan diminum saat hangat.

Demikian beberapa dan apa manfaat daun salam yang perlu anda ketahui. Selain beberapa hal diatas, daun salam juga aneka manfaat lain seperti mengatasi rambut rontok dan kutu rambut, mengatasi penyakit maag, menambah nafsu makan dan aneka manfaat lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *